Kamis, 08 September 2016

KEGIATAN INOVASI UKP




I. PELAYANAN DI LOKET dan INFORMASI
        Kondisi sebelum perbaikan dimana ruangan loket dan rekam medis menjadi satu ruangan tampak sempit dan tidak familiar dengan pengunjung yang mendaftar. Saat ini kondisi sudah berbeda jauh, dimana loket pendaftaran dan informasi terpisah dengan ruang rekam medis. Tampak loket yang  telah mengutamakan keramahan terhadap pengunjung mempertimbangkan kondisi pendaftar yang mengalami cacat fisik, lanjut usia dan gawat darurat.




II.  REKAM MEDIS
         Sistem rekam medis yang dilakukan di Puskesmas Grujugan
menggunakan sistem Desentralisasi, dimana rekam medis, rawat jalan, RI Umum, RI Bersalin dan UGD di letakkan secara terpisah, namun pemberian nomor rekam medis dijadikan satu  yang dilaksanakan oleh petugas rekam medis berdasarkan sistem jaringan yang ada di Puskesmas Grujugan.








III. PELAYANAN DI POLI UMUM
          Perbaikan yang telah kami lakukan :
A.   Ruang ber-AC agar pengunjung merasa lebih nyaman.
B.   Petugas yang berkompeten dan mempunyai keahlian khusus guna menunjang pelayanan.
C.   Pengadaan sketsel pasien guna memperhatikan privasi saat pasien di periksa.
D.   Pengadaan komputer sebagai sarana laporan pelayanan secara online.
E.    Penugasan 1 staf umum sebagai admin agar pelayanan lebih fokus dilaksanakan oleh tenaga medis & paramedis.
F.    Kegiatan donor darah rutin di puskesmas Grujugan.








IV. PELAYANAN DI POLI GIGI
Perbaikan yang telah kami lakukan :
A.   Ruang ber-AC merubah suasana di dalam ruang pemeriksaan lebih sejuk.
B.   Adanya tenaga kesehatan dokter gigi, perawat gigi serta tenaga admin guna memaksimalkan pelayanan yang di berikan.
 C. Sistem penggunaan alat kesehatan gigi di mulai dari pencucian, proses sterilisasi dan penyimpanan agar alat siap pakai dalam kondisi steril.
 


V. PELAYANAN DI POLI KIA-KB
Perbaikan yang telah kami lakukan :
A.   Petugas kesehatan (bidan) terlatih DDTK, APN, MTBS/MTBM, IVA, KELAS IBU, KELAS BALITA, PONED, PPGD ON, CTU, ABPK, KONSELOR MENYUSUI. ASKEP.
B.   Ruang pelayanan ber-AC yang nyaman untuk pengunjung.
C.   Penambahan sketsel untuk privasi pasien.
D.   Sarana komputer untuk pelaporan online.
E.  Petugas terlatih pemasangan KB wanita ( Implan, suntik, susuk, IUD) dan pria (MOP).




VI.  PELAYANAN DI UGD
Perbaikan yang telah kami lakukan :
A.   Petugas yang terlatih penanganan kasus gawat darurat (ATLS, BCLS , EKG ).
B.   Menggunakan TRIASE untuk prioritas penangnaan pasien yanng masuk.
C.   Kelengkapan sarana penanganan kasus gawat darurat seperti O2+Masker, nebulizer, suction, papan patah tulang belakang.
D.   Adanya alat periksa penunjang berupa EKG.
E.    Adanya sarana pengaduan di UGD.
F.    Ruangan yang bersih dan teratur serta adanya sketsel pemisah antar bed pasien di UGD.
G.   Petugas jaga 24 jam untuk tenaga bidan dan perawat yang jaga.


 
 
VII. PELAYANAN DI LABORATORIUM
Perbaikan yang telah kami lakukan :
A.   Adanya petugas analis (masih tenaga sukwan).
B.   Pemeriksaan yang bisa dilakukan.
C.   Ber-AC agar pengunjung merasa nyaman.



VIII.  PELAYANAN DI RAWAT INAP UMUM
Perbaikan yang telah kami lakukan :
A.   Tenaga dokter dan perawat yang pernah mengikuti pelatihan ATLS, ACLS, USG, EKG, BCLS.
B.   Pelayanan makanan untuk pasien dalam satu hari 2 kali, pemberian disesuaikan advis dokter dan kondisi penyakit pasien.
C.   Perbedaan ruang perawatan untuk anak, dewasa pria/wanita, penyakit menular/rawat inap khsusus.
D.   Sketsel di ruang rawat inap kelas III.
E.    Adanya fasilitas pengaduan pelayanan.



 
IX.  PELAYANAN POJOK GIZI (POZI)
Pojok Gizi (POZI) merupakan pelayanan gizi profesional yang diberikan di puskesmas oleh tenaga gizi terdidik / terlatih kepada setiap pengunjung puskesmas yang membutuhkan dan bertujuan untuk pencegahan, penanggulangan, penyembuhan dan pemulihan penyakit yang berkaitan dengan gizi.
Pelayanan profesional (menyeluruh) merupakan pelayanan gizi yangdiberikan di puskesmas oleh tenaga gizi terdidik / terlatih berupa konseling dan anjuran dietetik, pemberian intervensi gizi berdasarkan hasil pengkajian yang sesuai dengan kaidah ilmu gizi. Kajian gizi meliputi kajian status gizi, kebiasaan makan, laboratorium dan klinis.

 


 X PELAYANAN DI KLINIK SANITASI
Klinik sanitasi adalah ruang pelayanan informasi tentang upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit berbasis lingkungan, dimana kami memberikan pelayanan kepada masyarakat atau pasien, diantaranya :
-         Dapat mengetahui penyebab sakitnya.
-         Mampu melakukan pencegahan terhadap berbagai penyakit akibat lingkungan.


 
XI.                   PELAYANAN DI KLINIK TB
A.   Pelayanan pasien TB setiap hari ... di Puskesmas Grujugan.
B.   Sistem pencatatan dan pelaporan kegiatan pelayanan TB secara offline.
C.   Memeriksa konsultasi terkait kasus TB.





XII.  PELAYANAN DI KAMAR OBAT
A.   Ruangan yang luas dengan peralatan obat sesuai abjad.
B.   Pelayanan obat 24 jam di laksanakan oelh petugas asisten apoteker di bantu tenaga bidan / perawat jaga.






XIII.  RUANG TUNGGU DI RAWAT JALAN
A.   Mempunyai kursi tunggu dengan kapasitas duduk ........ orang.
B.   Penataan ruang yang nyaman karena letak antar poli berdekatan.
C.   Adanya tambahan televisi.
D.   Adanya kotak pengaduan untuk pelayanan yang di berikan.
E.    Adanya jenis-jenis pelayanan dan tarif.
 



XIV.  PELAYANAN DIRUANG BERSALIN
A.  Tersedia ruangan yang tertata rapi dan bersih serta luas.
B.   Petugas bidan yang terlatih ....... 
C. Adanya sketsel antara pasien untuk penjaga privasi pasien.






XV.  SISTEM RUJUKAN
A.   INTERNAL
Adanya rujukan antar poli dengan dilengkapi blangko rujukan antar poli .
B.   EXTERNAL
-         Rujukan online untuk pasien BPJS ke RS. KOESNADI dan  RS. BHAYANGKARA.
-         Rujukan Labkesda jika di puskesmas tidak bisa dilakukan  untuk pemeriksaan sesuai yang di advis dokter.






XVI.  PELAYANAN DI PUSTU dan PONKESDES
              Pembenahan yang telah dilakukan :
A.   Adanya sistem pengaduan pelayanan bagi masyarakat yang ada di setiap pustu dan ponkesdes di desa masing-masing.
B.   Adanya penjelasan jenis layanan dan tarif.
C.   Kebersihan , kerapian setiap pustu / ponkesdes selalu di tetapkan guna membuat kenyamanan bagi masyarakat yang berkujung.






XVII.  KEBERSIHAN ( BERAS = Bersih , Rapi , Ringkas )
Kebersihan merupakan salah satu prinsip dalam pelayanan  Publik Melalui penilaian BERAS diharapkan dapat memotivasi petugas menjaga kebersihan baik dalam maupun luar gedung.
Area puskesmas sudah di petakan menjadi tanggung jawab masing-masing area, kami juga membuat daftar titik kebersihan setiap hari kerja.





XVIII.  PELAYANAN DI POLI TUMBANG
Tujuan poli tumbang ini untuk upaya kesehatan anak yang dilakukan sedini mungkin ditunjukkan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya sekaligus meningkatkan kualitas hidup anak agar mencapai tumbuh kembang optimal baik fisik, mental, emosional maupun sosial serta memiliki inteligensi majemuk sesuai dengan potensi genetiknya.
Oleh karena itu kualitas tumbuh kembang balita perlu mendapat perhatian serius yaitu mendapat gizi yang baik, stimulasi yang memadai serta terjangkau oleh pelayanan kesehatan berkualitas termasuk deteksi dan intervensi dini penyimpangan tumbuh kembang













Tidak ada komentar:

Posting Komentar